Majalahunik.com

Tabloidunik.com

eDetik.com

Indotips.info

Beritaunik.info

Posted by Unknown - - 0 komentar

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik blog untuk mengoptimalkan blog atau websitenya, seperti pemilihan template atau theme yang tepat, penggunaan plugin yang sesuai dengan kebutuhan, meminimalkan penggunaan javascript, mengkompres gambar untuk mengurangi waktu loading, mengkompres ukuran halaman dan lain-lain.

Kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Mengoptimasi Link Komentator baik yang di postingan maupun di Recent Comment khususnya pada blog wordpress dengan hosting sendiri. Seperti kita ketahui settingan default URL atau link komentator ketika diklik akan terbuka pada jendela yang sama (Link Properties Will Open in same window). Menurut saya settingan ini kurang baik terutama untuk pemilik blog, karena ketika pemilik blog atau pengunjung mengklik atau membuka URL link salah satu komentator maka blognya akan tertutup dengan blog yang baru dibuka tadi. Disamping itu juga akan mengurangi jumlah waktu kunjungan (Time on Site).

Untuk mengoptimalkannya maka link komentator harus kita setting ketika diklik akan terbuka di tab atau jendela baru (Link Properties Will Open in New Tab). Dengan cara ini blog kita masih tetap terbuka. Cara ini juga akan menguntungkan pemilik blog dan pengunjung. Jadi ketika akan membuka link komentator tidak perlu pakai klik kanan open link in new tab. Manfaat lainnya dengan masih terbukanya blog kita maka akan menambah jumlah waktu kunjungan (Time on Site). Dengan begitu cara ini bagus untuk meningkatkan Alexa Rank, karena salah satu indikator penilaian rangking Alexa di antaranya jumlah waktu kunjungan (Time on Site) pada sebuah blog atau website.

Cara Settingnya :

  1. Login ke Cpanel tempat anda hosting.
  2. Klik File Manager.
  3. Klik folder wp-includes.
  4. Cari dan buka file comment-template.php dengan cara pilih file tersebut terus klik icon code editor atau klik kanan code editor.
  5. Setelah terbuka lihat baris ke 148, akan ketemu kode seperti ini :
$return = "$author";

Ganti kode tersebut dengan kode seperti ini :

$return = "$author"; 

Penulisan kode target=’_blank’ jangan menggunakan dobel kutip.

Untuk theme atau template tertentu seperti Theme Inove yang saya gunakan ini, bisa disetting melalui file functions.php yang ada di folder theme baik lewat Cpanel atau dashboard.

Caranya : cari kode seperti ini :

 

Ganti dengan kode ini :

 

Penulisan kode target="_blank" menggunakan dobel kutip.

Untuk yang menggunakan plugin wp thread comment tetap harus merubah settingan pada file comment-template.php yang ada di folder wp-includes supaya URL Link Reply Comment yang ada di postingan dan di Recent Comment supaya kalau diklik terbuka di tab baru. Inti dari settingan tersebut yaitu dengan menambahkan kode target=”_blank”.

Tips tambahan, bagi yang ingin sekalian menjadikan blognya menjadi dofollow silahkan hapus yang ada kata-kata nofollow-nya. Contoh rel=”external nofollow”> menjadi rel=”external”>.

Leave a Reply